Secara umum, perangkat multimedia dikelompokkan
menjadi dua, yaitu perangkat keras dan perangkat lunak.
Hardware yang diperlukan untuk komputer
multimedia tergantung kepada pilihan pribadi, anggaran biaya, jenis material
dan isi dari proyek multimedia.
1) Perangkat keras multimedia
Perangkat keras yang dibutuhkan untuk
multimedia dapat dikelompokkan menjadi lima, yaitu perangkat konektor, input,
output, penyimpan dan perangkat komunikasi
a) Perangkat konektor
Diantara beberapa perangkat komputer,
monitor, hardisk, video proyektor, speaker dan perangkat-perangkat lain,
terdapat terdapat kabel-kabel yang menghubungkan. Kecepatan transfer data
perangkat konektor yang digunakan akan menentukan kecepatan pengiriman content
multimedia.
Beberapa perangkat konektor yang biasa
digunakan adalah :
1. Small computer system interface (SCSI)
SCSI merupakan perangkat standar untuk
penghubung secara fisik dan pertukaran data antara komputer dan peripheral.
Standar SCSI mendefinisikan perintah, protokol, serta antarmuka elektrik dan
optic. SCSI biasa digunakan untuk hard disk.
2. Media control interface (MCI)
MCI merupakan perpanjangan dari API untuk
mengendalikan peripheral multimedia yang terhubung dengan computer. MCI terdiri
dari empat bagian, yaitu AVI video, CD audio, sequencer dan wave audio.
3. Intergrated drive electronic (IDE)
Antarmuka IDE merupakan standard untuk
media penyimpan yang terhubung ke komputer.
4. Universal serial bus (USB)
USB merupakan standard bus serial untuk
menghubungkan beberapa perangkat. USB di desain untuk memungkinkan berbagai
peripheral terhubung menggunakan sebuah soket antarmuka standard dan memiliki
kemampuan plug and play, artinya perangkat dapat dipasang dan dilepas tanpa
harus mematikan komputer terlebih dahulu.
5. High-definition multimedia interface
(HDMI)
HDMI adalah sebuah standard koneksi
digital yang dirancang untuk menampilkan gambar dan suara resolusi tinggi.
Kelebihannya adalah, kabel HDMI dapat menampilkan gambar Full-HD, Surround
Sound, control signal, bahkan data Ethernet, hanya dengan satu kabel.
b) Perangkat input
Perangkat input adalah perangkat yang
berfungsi untuk mentransformasi informasi dari dunia luar untuk diolah oleh
komputer. Perangkat input biasanya dikendalikan secara langsung oleh pengguna.
Beberapa perangkat input tersebut antara lain :
· Keyboard
· Perangkat pointing (mouse, touchpad,
touchscreen, trackball,
· lightpen)
· Perangkat input gambar dan video
(scanner, webcam)
· Perangkat input audio (microphone)
c) Perangkat output
Perangkat output adalah perangkat yang
digunakan untuk mengkomunikasikan hasil pengolahan data dari komputer kepada
pengguna. Perangkat output antara lain speaker, amplifier, monitor, proyektor,
printer.
d) Perangkat penyimpan
Perangkat penyimpan adalah perangkat
untuk merekam atau menyimpan informasi (data). Perangkat penyimpan dapat
digunakan untuk menahan maupun memproses data. Beberapa perangkat penyimpan
tersebut antara lain :
1. Random access memory (RAM)
RAM merupakan memori utama yang digunakan
untuk inisialisasi sistem operasi dan juga program aplikasi. RAM bersifat
volatile dan setiap program yang diakhiri/ditutup maka akan dihapus dari RAM.
Semakin besar kapasitas RAM, semakin cepat waktu pemrosesan.
2. Read only memory (ROM)
ROM bersifat non-volatile. ROM biasa
digunakan pada komputer untuk menyimpan program BIOS yang digunakan untuk
inisialisasi booting komputer. Pada printer, ROM digunakan untuk menyimpan
font.
3. Hardisk
Hardisk merupakan perangkat penyimpan
untuk data biner yang mudah dibaca oleh komputer.
4. Compact disk (CD)
CD adalah sebuah media penyimpanan yang
berbentuk piringan. Atau disebut juga optik pada generasi pertama yang
menggantikan disket (floppy disc) pada waktu itu karena CD memiliki
kapasitas penyimpanan yang lebih besar dengan harga yang sama. CD banyak
digunakan untuk membuat film dengan resolusi kecil atau sebagai media transmisi
software-software aplikasi.CD memiliki kapasitas penyimpanan data 700 MB
5. Digital versatile disk (DVD)
DVD adalah media penyimpanan optik yang
populer. Penggunaan utamanya untuk menyimpan video dan data. Sesuai dengan
namanya, ukuran fisik standarnya sama dengan CD (Compact Disc), namun dengan
kapasitas enam kali lipat dari CD.
e) Perangkat komunikasi
Aplikasi multimedia dibuat oleh sebuah
tim yang terdiri dari beberapa orang, yang bisa jadi bekerja dalam satu gedung,
namun dapat pula bekerja pada gedung yang berlainan dan berjauhan jaraknya.
Sehingga dibutuhkan perangkat komunikasi untuk saling menghubungkan mereka.
Perangkat komunikasi tersebut antara lain
modem dan ISDN.
2) Perangkat lunak multimedia
Perangkat lunak multimedia adalah
komponen-komponen dalam data processing system, berupa program-program untuk
mengontrol bekerjanya sistem komputer multimedia. Perangkat lunak ini
digolongkan menjadi tiga bagian yaitu bahasa pemrograman multimedia, perangkat
lunak sistem multimedia dan perangkat lunak aplikasi multimedia.
a. Bahasa Pemrograman Multimedia
Bahasa pemrograman Multimedia adalah
bahasa-bahasa yang digunakan programmer untuk membuat aplikasi multimedia.
Contohnya Assembly, C, C++, Power Builder, Delphi, SQL, Visual Basic dan Java.
b. Perangkat Lunak Sistem (System
Software)
Perangkat lunak ini terdiri dari sistem
operasi (Operating System) misalnya DOS (Disc Operating System), Windows 95/98/ME,
Windows NT/2000, Windows XP, Windows Vista, UNIX, Linux atau Mac OS. Perangkat
lunak lainnya adalah aplikasi utilitas (utility application) misalnya aplikasi
Antivirus.
c. Perangkat Lunak Aplikasi Multimedia
Perangkat lunak aplikasi multimedia merupakan
aplikasi-aplikasi yang dibuat oleh personal atau organisasi untuk user yang
beroperasi dalam bidang-bidang multimedia spesifik seperti grafik 2D, modeling
dan animasi.
1) Perangkat Pengolah Teks
Aplikasi pengolah teks yang banyak
digunakan misalnya Microsoft Word, Word Star for Windows, Word Perfect dan Star
Writer, sedangkan beberapa aplikasi pengolah teks yang bersifat open source
misalnya Open Writer, KWriter dan Abi Word.
2) Perangkat Lunak Pengolah Animasi dan
Grafik 2D
Aplikasi pengolah grafik 2D dibagi
menjadi dua bagian yaitu:
-
Grafik 2D Vector, misalnya Corel Draw, Macromedia Freehand dan
Adobe Illustrator.
-
Grafik 2D Image (Raster), misalnya Adobe Photoshop, Jasc Paint Shop
Pro, Gimp. Animasi, misalnya Macromedia Flash.
3) Perangkat Lunak Pengolah Animasi dan
Modeling Grafik 3D
Contoh dari perangkat lunak Animasi dan
modeling Grafik 3D adalah 3D Studio MAX, Maya, Softimage, LightWave, Blender
dan lain sebagainya.
d) Perangkat Lunak Authoring Multimedia
Authoring merupakan aplikasi komputer
yang memberikan peluang kepada pengguna untuk mengembangkan sebuah perangkat
lunak dengan dragging dan dropping berbagai objek multimedia tanpa harus
mengetahui penggunaan dan pemahaman bahasa pemrograman, misalnya Macromedia
Authoring, sedangkan aplikasi authoring yang dilengkapi dengan pemrograman
misalnya Macromedia Director dengan dilengkapi Lingo (Bahasa pemrograman).
Jenis perangkat ini dibagi menjadi tiga
kategori yaitu authoring berbasis halaman, authoring berbasis icon dan authoring
berbasis waktu.
Authoring berbasis halaman merupakan
authoring yang bekerja berbasis halaman atau buku dengan mengorganisasi
elemen-elemen dalam halaman atau buku tersebut. Contoh dari aplikasi ini adalah
HyperCard dan ToolBook Assistant.
Authoring berbasis icon menggunakan
konsep flowchart untuk membuat aliran elemen-elemen multimedia yang dihubungkan
bersama atau secara sendiri-sendiri yang secara khusus menampilkan diagram alir
aktivitas sepanjang jalur percabangan, contohnya adalah Microsoft Power Point
dan Macromedia Authorware.
Authoring berbasis waktu merupakan
pengembangan paket multimedia sebagai pengorganisasian objek sepanjang lini
waktu. Frame yang diorganisasikan secara berurut kemudian ditampilkan kembali
kepada pengguna. Contoh aplikasi yang menggunakan cara ini adalah Macromedia
Director.
Authoring DVD adalah aplikasi yang
digunakan untuk menampilkan menu interaktif movie, contohnya adalah Pinnacle
Impression, Sonic ReelDVD dan Ulead DVD Workshop.
e) Perangkat Lunak Aplikasi Berbasis Web
Contoh produk-produk mendesain web antara
lain adalah Macromedia Flash yang digunakan untuk membuat animasi grafis pada
web, Macromedia Dreamweaver dan Microsoft Front Page.
Secara umum, perangkat multimedia
dikelompokkan menjadi dua, yaitu perangkat keras dan perangkat lunak.
Perangkat keras yang dibutuhkan untuk
multimedia dapat dikelompokkan menjadi lima, yaitu perangkat konektor, input,
output, penyimpan dan perangkat komunikasi.
Perangkat lunak multimedia adalah komponen-komponen
dalam data processing system, berupa program-program untuk mengontrol
bekerjanya sistem komputer multimedia