Secara
garis besar, desain grafis dibedakan menjadi beberapa kategori:
1.
Printing
(Percetakan) yang memuat desain buku, majalah, poster, booklet, leaflet, flyer,
pamflet, periklanan, dan publikasi lain yang sejenis.
2.
Web
Desain: desain untuk halaman web.
3.
Film
termasuk CD, DVD, CD multimedia untuk promosi.
4.
Identifikasi
(Logo), EGD (Environmental Graphic Design) : merupakan desain profesional yang
mencakup desain grafis, desain arsitek, desain industri, dan arsitek taman.
5.
Desain
Produk, Pemaketan dan sejenisnya.
Setelah
mengetahui apa saja hasil karya desain grafis dan begitu pula arti desain
grafis, saatnya kita akan memahas apa saja yang harus dikuasai pertama kali
oleh seorang desainer grafis.
1. Nirmana
Nirmana
adalah ilmu yang mempelajari tentang elemen-elemen desain grafis beserta
prinsip-prinsip desain grafis. Didalamnya kita akan mempelajari tentang garis,
bentuk, ruang, tekstur, warna dan lain sebagainya.
2. Typografi
Tipografi
merupakan suatu ilmu dalam memilih dan menata huruf dengan pengaturan penyebarannya
pada ruang-ruang yang tersedia, untuk menciptakan kesan tertentu, sehingga
dapat menolong pembaca untuk mendapatkan kenyamanan membaca semaksimal mungkin.
Dikenal pula seni tipografi, yaitu karya atau desain yang menggunakan
pengaturan huruf sebagai elemen utama. Dalam seni tipografi, pengertian huruf
sebagai lambang bunyi bisa diabaikan.
3. Pewarnaan
Pewarnaan
penting bagi pencitraan hasil karya desin grafis, karena dengan warna
seseorangan akan memahami estetika dari gambar yang kita buat. Warna masuk
dalam ilmu nirmana tetapi sebegitu pentingnya sehingga pewarnaan saya buat
point tersendiri.
4. Software
Software
adalah pendukung dari apa yang bisa Anda hasilkan, dilihat dari bidangnya
software desain terbagi menjadi dua sofware pengolah grafis 2 dimensi dan
pengolah grafis tiga dimensi. Menurut medianya terbagi menjadi tiga, yaitu
media cetak, digital dan multimedia.
5. Scetch
Lebih
mudah dinamai dengan menggambar dengan tangan. Kemampuan menggambar tidak
begitu mempengaruhi hasil karya Anda dalam bidang desain grafis, namun
orisinalitas dalam menggambar manual akan sangat terasa dan efeknya adalah
memudahkan Anda dalam mengolah karya desain menggunakan software.
6. Kemampuan umum
Kemampuan
umum ini adalah kemampuan tambahan yang membantu dalam proses membuat sebuah
karya grafis. Kemampuan umum dalam bidang grafis seperti pengetahuan tentang
website ( website grafis seperti flickr, deviantart dsb, website ecommerce
untuk menjual karya desain dsb )
Pilar
keilmuan yang wajib dimiliki oleh seorang desainer grafis.
1.
Wawasan Teknologi
2.
Wawasan Sains
3.
Wawasan Seni
4.
Wawasan Sosial dan Budaya
5.
Wawasan Filsafat dan Etika