Desain
multimedia merupakan mata pelajaran yang membahas pengetahuan dasar tentang
multimedia, mulai dari pengertian hingga pembuatan desain untuk produk
multimedia
Topik
materi yang dipelajari dalam mata pelajaran ini antara lain adalah: gambar
bentuk, gambar perspektif, teori warna, elemen dan prinsip desain serta layout.
Topik
gambar bentuk menjelaskan pengertian gambar bentuk serta macam-macam teknik
yang digunakan untuk membuat gambar bentuk.
Topik
teori warna menjelaskan bagaimana benda-benda dapat terlihat memiliki berbagai
macam warna, jenis-jenis warna, psikologi warna dan komposisi warna.
Topik
elemen desain menjelaskan elemen-elemen yang digunakan dalam membuat desain
grafis, prinsip-prinsip yang perlu diperhatikan dalam membuat komposisi desain.
Topik
layout menjelaskan bagaimana cara menyusun elemen-elemen desain dengan memperhatikan
penggunaan dari desain yang dibuat.
Menggambar
bentuk adalah cara mengambar dengan meniru obyek dan mengutamakan kemiripan
rupa. Semakin mendekati kemiripan rupa, berarti gambar bentuk yang dibuat
semakin sempurna. Obyek gambar bentuk dapat berupa benda-benda mati, flora,
fauna, manusia atau alam benda.
Menggambar
bentuk atau alam benda berarti menggambar berdasarkan garis dan bentuk dasar
geometris.
Macam-macam
bentuk :
1.
Bentuk Kubistis
Bentuk
kubistis adalah bentuk-bentuk yang menyerupai kubus atau benda yang bentuk
dasarnya kubus. Contohnya : TV, meja, kursi, kulkas, lemari
2.
Bentuk Silindris
Bentuk
silindris adalah benda yang bentuk dasarnya menyerupai silindris atau bulat.
Contohnya : gelas, botol, bolam lampu, bola, kendi, teko, ember, guci, cangkir
, kaleng dan piring.
3.
Bentuk Bebas
Bentuk
bebas adalah benda yang bentuknya tidak beraturan atau yang tidak termasuk
kubistis dan silindris. Contohnya : kain, buah-buahan, bunga, busana.