Penerapan
kurikulum 2013 mengacu pada paradigma belajar kurikulum abad 21 menyebabkan
terjadinya perubahan, yakni dari pengajaran (teaching) menjadi BELAJAR (learning),
dari pembelajaran yang berpusat kepada guru (teachers centered) menjadi
pembelajaran yang berpusat kepada peserta didik (student centered), dari
pembelajaran pasif (pasive learning) ke cara belajar peserta didik aktif
(active learning-CBSA) atau Student Active Learning-SAL.
Buku
teks Desain Multimedia ini disusun berdasarkan tuntutan paradigma pengajaran
dan pembelajaran kurikulum 2013 diselaraskan berdasarkan pendekatan model
pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan belajar kurikulum abad 21, yaitu
pendekatan model pembelajaran berbasis peningkatan keterampilan proses sains.
Desain
Multimedia ini disusun dengan tujuan agar supaya peserta didik dapat melakukan
proses pencarian pengetahuan berkenaan dengan materi pelajaran melalui berbagai
aktivitas proses sains sebagaimana dilakukan oleh para ilmuwan dalam melakukan
eksperimen ilmiah (penerapan scientifik), dengan demikian peserta didik
diarahkan untuk menemukan sendiri berbagai fakta, membangun konsep, dan
nilai-nilai baru secara mandiri.
Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan, Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan, dan
Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan
menyampaikan terima kasih, sekaligus saran kritik demi kesempurnaan buku teks
ini dan penghargaan kepada semua pihak yang telah berperan serta dalam membantu
terselesaikannya buku teks siswa untuk Mata Pelajaran “Desain Multimedia” kelas
XI /Semester 2 Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).