Secara tradisional animasi diciptakan
dengan menggambar secara manual (hand drawn animation) frame demi frame
sepanjang durasi animasi tersebut.
Untuk membuat ilusi gerakan, gambar
ditampilkan pada layer komputer dan diganti secara terus-menerus dengan gambar
baru yang mirip dengan gambar sebelumnya, dengan sedikit perbedaan.
Pergantian yang terus menerus ini membutuhkan
sekitar 24 atau 30 frame per-detik. Ketika frame-frame tersebut berganti-ganti,
persepsi audience akan melihatnya sebagai gambar bergerak.
Selain secara manual, pembuatan frame
animasi bisa dihasilkan dengan komputer, fotografi atau lukisan/drawing. Secara
umum, proses membuat animasi bukanlah sesuatu yang mudah, diperlukan
pengalaman, kemahiran serta kepakaran yang tinggi.
Pemakaian unsur animasi di dalam sebuah
aplikasi multimedia menjanjikan suatu tampilan visual yang lebih dinamis, dapat
menampilkan sesuatu yang imajinatif dan mustahil dalam kehidupan yang
sebenarnya tetapi dapat divisualisasikan secara meyakinkan dalam animasi.
Animasi bisa membantu memperagakan suatu
model, memperagakan metode, menunjukkan sesuatu yang aktif dan hidup pada media
yang menampilkannya. Animasi pada saat ini banyak dimanfaatkan untuk berbagai
kebutuhan dalam berbagai kegiatan baik untuk kegiatan yang bersifat formal
maupun rekreatif.
Manfaat unsur animasi pada multimedia
antara lain :
a) Media hiburan
Sebagai media hiburan, animasi memberikan
kepuasan tontonan. Animasi sebagai media hiburan biasanya digarap dengan sangat
serius karena sebagai produk komersial yang memiliki harga jual, contohnya
film, video klip, games, iklan, dan lain-lain.
b) Media presentasi
Fungsi animasi dalam presentasi
diantaranya :
· Menarik perhatian dengan adanya gambar
bergerak, biasanya disertai dengan audio
· Membantu penyampaian informasi
· Merepresentasikan model abstrak maupun
berwujud
c) Media pembelajaran
Animasi dipakai sebagai alat pembelajaran
yang efektif dan atraktif, seperti pada tutorial, cd interaktif,
permainan(game) dan video pembelajaran.
d) Media bantu
Animasi berperan aktif sebagai elemen
user interface pada produk multimedia dan dapat membantu visualisasi pada
bidang industri, konstruksi, kesehatan dan lain lain.