Mini
PABX adalah alat untuk membuat percabangan beberapa extension dalam 1 atau
lebih line telepon, dimana setiap extension dapat saling berkomunikasi dan juga
setiap extension dapat di-set sesuai dengan kebutuhan, seperti call
restriction, blokir, membatasi waktu bicara, dan lain-lain.
Perangkat
komunikasi telepon ini terletak atau berada di sisi pelanggan, misalnya di
gedung-gedung perkantoran yang memerlukan percabangan sambungan
telepon. Secara umum perangkat PABX terhubung ke penyedia layanan telekomunikasi
publik.
Alat
ini juga sudah dilengkapi dengan DISA (Direct Inward System Acses) Dan OGM /
Operator Otomatis ("Terimakasih Anda Telah menghubungi PT X silahkan tekan
extension tujuan atau tekan 0 u/ bantuan operator",dsb).
Pemasangan
alat ini sangat mudah. Cocok untuk digunakan di rumah tempat tinggal, tempat
kost, toko atau perkantoran kecil. Alat ini terdiri dari beberapa tipe, dengan
kapasitas 8 dan 16 extension.
IP
PBX atau Internet Protocol Private Branch Exchange adalah PABX yang menggunakan
teknologi IP. IP PBX adalah perangkat switching komunikasi telepon dan data
berbasis teknologi Internet Protocol (IP) yang mengendalikan ekstension telepon
analog (TDM) maupun ekstension IP Phone.
Fungsi-fungsi
yang dapat dilakukan antara lain penyambungan, pengendalian, dan pemutusan
hubungan telepon; translasi protokol komunikasi; translasi media komunikasi
atau transcoding; serta pengendalian perangkat-perangkat IP Teleponi seperti
VoIP Gateway, Access Gateway, dan Trunk Gateway.
Solusi
berbasi IP PBX merupakan konsep jaringan komunikasi generasi masa depan atau
dikenal dengan istilah NGN (Next Generation Network) yang dapat
mengintegrasikan jaringan telepon konvensional (PSTN/ POTS), jaringan telepon
bergerak (GSM/CDMA), jaringan telepon satelit, jaringan Cordless (DECT), dan
jaringan berbasis paket (IP/ATM).
IP
PBX membawa kemampuan multi layanan di jaringan IP ke dunia komunikasi telepon,
sehingga akan memungkinkan semakin banyak layanan komunikasi yang dapat
berjalan di atas jaringan IP. Multi layanan tersebut adalah Voicemail &
Voice Conference, Interactive Voice Response (IVR), Automatic Call Distribution
(ACD), Computer Telephony Integration (CTI), Unified Messaging System (UMS),
Fax Server & Fax on Demand, Call Recording System, Billing System, serta
Web-based Management System.