Kemasan dapat
diartikan sebagai wadah atau pembungkusyang berguna mencegah atau mengurangi
terjadinya kerusakankerusakan pada bahan yang dikemas atau yang dibungkusnya.
Tujuan pengemasan
karya kerajinan, antara lain seperti berikut.
• Kemasan memenuhi syarat keamanan dan kemanfaatan.
• Kemasan melindungi produk dalam perjalanannya dari produsen ke konsumen.
• Kemasan dapat mendukung program pemasaran. Melalui kemasan, identifikasi
produk menjadi lebih efektif dan dengan sendirinya mencegah pertukaran oleh
produk pesaing.
• Kemasan merupakan suatu cara untuk meningkatkan laba perusahaan. Oleh
karena itu perusahaan harus membuat kemasan semenarik mungkin.
Manfaat pengemasan
karya kerajinan, antara lain sebagai berikut.
• Produk-produk yang dikemas biasanya lebih bersih, menarik, dan tahan
terhadap kerusakan yang disebabkan oleh cuaca.
• Kemasan merupakan satu-satunya cara perusahaan membedakan produknya (ciri
pembeda produk).
• Kemasan yang menarik dapat memikat dan menarik perhatian konsumen
(menambah daya tarik produk).
• Kemasan dapat menambah nilai jual produk.